ARUS DAN GELOMBANG LAUT
Oseanografi
dapat disefinisikan secara sederhana sebagai suatu ilmu yang mempelajari
lautan. Ilmu ini semata-mata bukanlah merupakan suatu ilmu yang murni, tetapi
merupakan perpaduan dari bermacam-macam ilmu-ilmu dasar yang lain. Ilmu-ilmu
lain yang termasuk didalamnya ialah ilmu tanah (geology), ilmu bumi (geography),
ilmu fisika (physics), ilmu kimia (chemistry), ilmu hayat (biology) dan ilmu iklim (metereology).
Laut ialah seluruh badan air asin
yang saling berhubungan dan menutupi 70% (tepatnya 70,78%) dari permukaan bumi. Jumlah ini tidak
termasuk Danau Asin (Salt Lake) yang
tidak dinyatakan sebagai laut,
berdasarkan definisi di atas. Air pada permukaan bumi, dengan demikian, bisa
dibedakan berdasarkan tempatnya, ialah: air laut dan badan air yang ada di
darat, selain Laut. Dari total badan air yang menutupi permukaan bumi, 97%
ialah air laut. Hanya sekitar 3% air di bumi yang bukan air laut. Citra (image)
dari satelit terhadap planet bumi memperlihatkan warna dominan biru. Laut lebih
banyak menyerap spektrum cahaya selain biru; spektrum warna biru akan
dipantulkan dan tertangkap oleh citra satelit, yang menunjukkan identitas laut.
Dari sisi luas permukaan, laut jelas sangat dominan, namun kita tampaknya belum
menghargai laut sebagai mana mestinya. Kita mempergunakan istilah planet bumi,
bukan planet laut, dalam peradaban dan perkembangan pengetahuan manusia.
Secara geografis, manusia membagi
wilayah laut menjadi empat bagian kecil, masing-masing diberi identitas sebagai
Ocean, kita terjemahkan sebagai samudera: Samudera Atlantic(k), Samudera Hindia
(menjelaskan istilah Indian Ocean), Samudera Pasific(k) dan Samudera Artic(k).
Samudera Pasifik, pada beberapa teks, juga dipisahkan dengan Samudera Antartik
sehingga total menjadi lima samudera. Samudera Pasifik ialah yang paling luas
(50,1% dari luas laut), diikuti oleh Samudera Atlantik (26,0%), Samudera Hindia
(20,5%) dan Samudera Artik (3,4%). Di darat,kita mengenal istilah continent,
diartikan sebagai benua, ialah daratan luas yang diskret dan idealnya,
masing-masing dipisahkan oleh laut. Berdasarkan kebiasaan atau konvensi (bukan
kriteria baku), kita mengenal tujuh benua, ialah: Asia, Afrika, Amerika Utara,
Amerika Selatan, Antartik(a), Eropa dan Australia. Pada catatan ini, kita bisa
melihat bahwa istilah benua dan samudera bisa saling dipertukarkan. Pada
beberapa teks, istilah continent(benua) dibuat untuk menunjukkan kondisi
antipodal (berlawanan) – Benua Eropa ialah antipodaldari Benua Australia. FAO
(Food and Agriculture Organization) dari PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa),
membagi wilayah perikanan menjadi tiga bagian besar, ialah: Perikanan Samudera
Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Masing-masing wilayah samudera
dibagi lagi menjadi sub-wilayah yang lebih kecil. Karena dibuat berdasarkan
konvensi, dan dibuat untuk memudahkan pemahaman masing-masing bidang kajian,
perbedaan antara istilah samudera dan benua tidak perlu diperdebatkan lebih
lanjut.
Lautan
yang merupakan wilayah air pada dasarnya dapat dibagi dalam 3 bagian :
1. Permukaan lautan
2. Dalam lautan
3. Dasar lautan.
Ketiga
bagian tersebut merupakan satu kesatuan yang berada pada satu pengawasan,
berdasarkan kedaulatan suatu negara atau hukum internasional. Bagi wilayah
perairan teritorial suatu negara, berarti segala pengelolaan kepentingan
pemeliharaan dan pengawasan pada prinsipnya tanggung jawab ada pada negara tersebut
dalam pelaksanaannya tetap.
Laut memiliki banyak fungsi / peran
/ manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena didalam dan
diatas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan
diantaranya yaitu :
1.
Tempat rekreasi dan hiburan,
2.
Tempat hidup sumber makanan kita,
3.
Pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut, angin, dsb,
4.
Tempat budidaya ikan, kerang mutiara, rumput laut, dll,
5.
Tempat barang tambang berada,
6.
Salah satu sumber air minum (desalinasi),
7.
Sebagai jalur transportasi air,
8.
Sebagai tempat cadangan air bumi,
9.
Tempat membuang sampah berbahaya (fungsi buruk),
10.
Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan.
Adanya
pengaruh dorongan angin di atmosfer menyebabkan gelombang dan kecepatan arus
laut di dekat permukaan lebih besar, dan akan menurun meskipun sangat perlahan
dengan semakin dalamnya laut. Hembusan angin di permukaan laut sekaligus
menimbulkan turbulensi udara di daerah sekitar permukaan laut, memperbesar
proses difusi oksigen ke air laut sehingga kadar oksigen terlarut lebih tinggi
pada lapisan atas dibandingkan lapisan lebih dalam.
Gelombang
didefenisikan sebagai ombak yang besar-besar ditengah lautan. Gelombang laut
merupakan salah satu penyebab yang berperan dalam pembentukan maupun perubahan
bentuk pantai. Jika gelombang menjalar dari tempat yang dalam menuju ke tempat
yang makin lama makin dangkal, pada suatu tempat tertentu gelombang tersebut
akan pecah dan dilepaskan ke pantai dalam bentuk hempasan ombak.
Gelombang
yang merambat dari perairan dalam menuju ke perairan dangkal (pantai) akan
mengalami perubahan perilaku gelombang (transformasi) dari sifat dan parameter
gelombang seperti proses refraksi, shoaling, refleksi maupun difraksi akibat
pengaruh karakteristik dan bentuk pantai. Pantai selalu menyesuaikan bentuk
profilnya sehingga mampu mereduksi energi gelombang yang datang. Penyesuaian
bentuk tersebut merupakan respon dinamis alami pantai terhadap laut.
Arus merupakan gerakan air yang sangat luas yang sering
terjadi pada seluruh lautan. Gelombang yang datang menuju pantai dapat
menimbulkan arus pantai (nearshore current). Arus juga dapat terbentuk
akibat oleh angin yang bertiup dalam selang waktu yang sangat lama, dapat juga
disebabkan oleh ombak yang membentur pantai secara miring. Dapat pula
disebabkan oleh gelombang yang terbentuk dari gelombang yang datang menuju
garis pantai. Dengan demikian akan terjadi dua system arus yang mendominasi
pergerakan air laut yaitu arus meretas pantai (rip current) dan arus
sejajar pantai atau arus susur pantai (longshore current).
Arus dapat juga membawa sedimen yang
mengapung (suspended sediment) maupun yang terdapat didasar laut. Begitu
pula dengan arus susur pantai dan arus meretas pantai. Keduanya merupakan arus
yang berperan dalam transport sedimen di sepanjang pantai serta pembentukan
berbagai sedimen yang terdapat di pantai.
WR
Plot view berbasis windows adalah suatu software yang berguna untuk mengetahui
angin baik arah maupun kecepatanya yang memunculkan perhitungan wind rose dan
tampilan grafis yang menggambarkan variable meteorology untuk rentang waktu dan
dan tanggal sesuai dengan kebutuhan pengguna. Wind rose ini berfungsi
menggambarkan frekuensi kejadian angin pada setiap arah angin dan kelas
kecepatan angin pada lokasi dan waktu tertentu. Windrose Plot atau lebih
dikenal dengan windrose adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk
pengukuran data inputan untuk analisa spectrum gelombang berarah. Windrose Plot
ini menghasilkan data outputan yang berupa gambar arah angin berdasarkan gambar
mawar angin (windrose) dan wind class frekuensi distribution.
Mawar gelombang merupakan suatu gambar
berbentuk lingkaran sebagai persentase gelombang, memiliki penyebaran kelopak
seperti mawar di tengah lingkarannya dengan variasi warna berbeda-beda
menandakan perbedaan tinggi gelombang yang terjadi atau suatu gambar yang
memetakan ketinggian dan arah gelombang dengan sederhana. Wave rose
menggambarkan frekuensi kejadian pada tiap arah mata angin dan kelas ketinggian
gelombang pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Wave rose juga
diperjelas dengan menampilkan grafik dari kecenderungan arah pergerakan gelombang
dan persentasenya pada suatu wilayah dengan cepat. Wave rose menghasilkan nilai
tinggi gelombang air laut dalam satuan centimeter (cm) atau meter.
Tinggi gelombang yang didapat dari
peramalan gelombang dengan menggunakan data angin dikelompokkan menurut tahun/bulan
kejadian dan interval tinggi gelombangnya. Selanjutnya dicari persentase
kejadian tinggi gelombang setiap tahun/bulannya menurut besar dan arahnya
hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan diagram bunga gelombang (waverose). Data angin yang diperlukan
adalah data angin maksimum harian tiap jam beserta arahnya dan diklasifikasikan
berdasarkan kecepatan dan arah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar